Beranda » Batu Alam » Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya

Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya

T Diposting oleh pada 21 April 2018
F Kategori
b Comments Off on Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya
@ Dilihat 476 kali

Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya – Bagi yang menyukai konsep rumah atau suatu bangunan baik interior maupun interiornya dengan tema alam, pasti tidak asing lagi dengan komponen penunjang utamanya, yaitu batu alam. Salah satu batu alam yang bisa digunakan untuk konsep tersebut adalah batu alam andesit.

Batu alam andesit merupakan jenis batuan beku vulkanik yang pada awalnya terbentuk oleh pembekuan lava yang kemudian keluar di permukaan bumi saat terjadi suatu letusan gunung berapi. Batu andesit juga mempunyai komposisi antara tekstur dan spesifik yang pada umumnya dapat dijumpai di lingkungan subduksi tektonik pada daerah yang memiliki  aktivitas vulkanik yang tinggi, misal pada daerah Tulung Agung, Majalengka, dan Cirebon.

Seperti batu alam lainnya, batu alam andesit juga dapat digunakan untuk mempercantik rumah Anda agar lebih terlihat alami dan sejuk. Namun dengan sifatnya yang padat dan keras, batu alam andesit ini sangat cocok untuk Anda aplikasikan pada ekterior karena mampu menahan batu dari korosif dan munculnya lumut.

Sebelum menggunakkannya, yuk kenalan dulu dengan beberapa jenis batu alam andesit berikut ini:

  • Jenis Batu Alam Andesit Berdasarkan Motif

Seperti halnya batuan alam pada umumnya, jenis batu alam andesit juga masih terbagi menjadi beberapa jenis. Dari semua jenis, yang populer dan kerap digunakan adalah batu alam andesit bintik dan polos.

Perbedaan yang jelas pada jenis kedua batu andesit tersebut memang pada motifnya, namun selain itu ada faktor yang membedakan kedua jenis batuan tersebut. Misalnya dari lokasi penambangan, faktor alam, dan tekstur andesit yang dipengaruhi oleh daerah penghasil batu alam tersebut. Berikut jenis batu alam andesit berdasarkan motifnya:

  1. Batu Alam Andesit Bintik

Jenis batu alam andesit bintik ini sebenarnya sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk peralatan sehari-hari, seperti meja batu, arca, lumpung batu, dan lain-lain. namun untuk saat ini, penggunaannya sudah merambah untuk perlengkapan dapur seperti cobek dan ulekan, nisan, serta interior dan eksterior rumah.

Batu alam andesit ini juga sangat cocok untuk pengguanaan kolam ikan dan pagar. Dengan ukiran asli dari batu andesit bisa mempercantik tampilan pagar rumah Anda. Sedangkan untuk kolam ikan akan menjadikan kolam Anda nampak lebih mengesankan dan asri.

Pada jenis batu alam andesit bintik ini terbagi dari 2 jenis, yaitu andesit bintik cipanca dan andesit bintik Gunung Haur.

Selain keduanya memiliki perbedaan dari daerah asal penambangannya, batuan tersebut juga berbeda dari segi bintiknya. Jika pada andesit bintik Cipanca bintik-bintik kaca yang kecil, andesit bintik Gunung haur memiliki ukuran bintik yang lebih besar dari Cipanca dan warna abu-abunya juga lebih terang.

  1. Batu Alam Andesit Polos

Batuan yang terbentuk akibat proses sedimentasi ini memiliki tingkat porousitas randah dan kekerasan yang sangat tinggi, serta tekstur batuannya sangat halus. Jenis batu ini terlihat sangat kalem dan tenang ketika diaplikasikan pada interior rumah maupun gedung. Jenis batu alam andesit polos juga terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Andesit Polos Biasa

Batuan andesit jenis ini merupakan model andesit yang terbentuk pertama kali yang paling sering digunakan dan banyak juga diproduksi oleh pabrik batu alam dari daerah Cirebon dan Majalengka.

  • Andesit Polos Cipanca

Nama batuan ini diambil dari nama daerah asalnya. Lokasi penambangannya berada di daerah pegunungan Cipanca dan daerah Majalengka dan sekitarnya.

Perbedaan batuan andesit cipanca dengan bantuan andesit polos biasa adalah dari tekstur dan warnanya. Warna dari cipanca lebih cerah atau terang dari andesit polos biasa.

Batu alam Andesit polos dapat Anda aplikasikan pada garasi, lantai, pagar, dinding, dan lain-lain. Batuan andesit polos juga cocok untuk ruangan Anda yang berwarna terang, karena dengan warna polos dan kalemnya, dapat disesuaikan dengan banyak warna yang ada pada ruangan rumah Anda.

Selain dari jenis polos dan bintik, batu alam andesit juga memiliki jenis lain seperti batu alam andesit tropical red, ocean blue, hijau, black absolut, dan baltic grey.

Adapun ukuran dari batu alam andesit juga sangat beragam, mulai dari 10 x 10 cm, 10 x 20 cm, 20 x20 cm, 20×40 cm, 30×30 cm, 30×60 cm, 40×40 cm, 40×60 cm, dan ukuran yang terbesar yaitu 60×120 cm. Sedangkan ukuran ketebalannya juga bervariasi sekitar 1,3 – 1,5 cm, dan lain-lain

  • Batu Alam Andesit Polos Berdasarkan Finishingnya

Batu alam andesit, selain beragam bentuk dan motifnya, juga mempunyai banyak variasi dalam proses pengerjaan dan finishingnya. Finishing juga sangat menentukan hasil dan kualitas dari batu alam tersebut.

Nah, Berikut beberapa contoh finishing dari batu alam andesit yang kerap dijumpai:

  1. Batu Alam Andesit Rata Alam

Proses finishing dari batuan ini lebih mengedepankan bentuk natural dari batunya. Batu alam andesit rata alam biasa digunakan untuk dinding baik interior maupun eksterior, tiang-tiang penyangga rumah, serta pagar rumah.

Untuk ukurannya, mulai dari 15×30 cm, 20×40 cm, 30×30 cm, 30×60 cm, 40×40 cm, 40×60 cm, 50×50 cm, 60×60 cm, dan ukuran lain sesuai keinginan Anda. sedangkan untuk ketebalannya mulai dari 1,4 cm, 2 cm, 3 cm, 5 cm, dan ukuran lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Batu Alam Andesit Bakar

Yang membedakan batu alam andesit bakar dengan jenis lainnya yaitu pada proses finishingnya, yang mana batu andesit bakar ini diolah dengan cara dibakar atau bisa disebut flamed.

Tekknik bakar atau flamed sendiri berarti satu permukaan pada batu alam yang diolah dengan dibakar menggunakan api las, sehingga pada kulit struktur rata mesinnya terkelupas dan menjadi tekstur yang berubah-ubah serta tidak terlalu menonjol maupun terlalu cekung ke dalam.

Batu alam andesit bakar juga bisa Anda  apliksikan untuk semua tempat, baik interior maupun eksterior.

  1. Batu Alam Andesit Polished

Jenis batu alam andesit polished atau biasa akrab disebut batu andesit poles merupakan teknik finishing pada penggunaan batu alam yang dipoles dengan campuran dari beberapa bahan kimia.

Batu Anadesit Polish Bintik - Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya

Batu Anadesit Polish Bintik – Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya

Adapun tujuan dari pencampuran tersebut yakni untuk membantu agar permukaan pada batu alam andesit menjadi lebih mengkilap halus serta permukaannya nampak seperti batu marmer atau granit pada umumnya.

Jenis batu alam andesit dengan teknik finishing polished ini sangat cocok digunakan untuk eksterior karena kemampuannya untuk menahan munculnya lumut dan jamur, namun tetap tidak mengurangi keindahannya pada penggunaan dalam ruangan.

  1. Batu Alam Andesit Honed

Batuan jenis honed ini memiliki proses finshing untuk hasil finishingnya akan lebih halus dibandingkan dengan batu alam andesit dengan finishing dibakar, rata mesin, atau yang lainnnya.

Untuk batu alam andesit honed sebenarnya lebih cocok digunakan pada lantai dan dinding dan untuk kebutuhan desain interior lainnya. Tujuan lain pada teknik finishing honed selain untuk memperhalus juga dapat memadatkan pori-pori batuan andesit dan sekaligus untuk menghilangkan bekas gergaji pada pemotongan sebelumnya.

Adapun untuk ukuran luas serta ketebalanya juga sangat beragam, namun untuk ukuran ketebalan rata-rata memiliki ketebalan 1,4 cm. Sedangkan untuk ukuran luasnya mulai dari ukuran 10×10 cm hingga 40×60 cm atau sesuai dengan permintaan dan kebutuhan Anda.

Terlepas dari semua jenis dan proses finishingnya, seperti pengguanaan batu alam lainnya, batu alam andesit juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Meski penggunaan batu alam andesit akan menjadikan rumah Anda lebih indah, terlihat alami, dan memiliki nila estetika yang tinggi, namun batuan tersebut lebih mudah terkena jamur maupun lumut.

Oleh karena itu, untuk perawatannya Anda memang harus sedikit telaten agar batu alam andesit tersebut dapat bertahan lama.

Komentar dinonaktifkan: Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Batu Alam Andesit Untuk Setiap Sudut Rumah dan Jenisnya

Pengiriam Batu Alam Andesit Bakar

Pengiriman di Pabrik Cirebon Batu Alam

T 10 April 2018 F A yogibatualam

Pengiriman di pabrik cirebon batu alam – Semua proses pengiriman batu alam dilakukan dipabrik yang sekaligus digunakan buat workshop dan gudangnya. Untuk setiap proses pengiriman akan kami post atau update di website ini agar konsumen yang membeli batu alam mengetahui... Selengkapnya

Pengiriman Batu Alam Palem Putih Kediri

Pengiriman Batu Alam Palem Putih Kediri

T 27 April 2018 F A yogibatualam

Pengiriman Batu Alam Palem Putih Kediri – Kediri merupakan salah satu kota yang tiap tahunnya ada saja proyek yang kami supplai dengan berbagai ukuran dan jenis batu alam. Kali ini kami mengirimkan atau mensupplai kebutuhan untuk proyek perumahan di daerah... Selengkapnya

Pemasangan batu alam di kolam ikan

Pemasangan Batu Alam Andesit Susun Sirih

T 11 April 2018 F A yogibatualam

Pemasangan Batu Alam Andesit Susun Sirih – Pada saat ini banyak sekali desain-desain pemasangan batu alam untuk rumah atau gedung-gedung dikota besar sangat beraneka ragam desainnya, mulai dari desain minimalis sampai dengan desain yang modern seperti dengan kombinasi-kombinasi dengan berbagai... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.