Beranda » Batu Alam » Tips Merawat Batu Alam

Tips Merawat Batu Alam

T Diposting oleh pada 29 April 2018
F Kategori
b Comments Off on Tips Merawat Batu Alam
@ Dilihat 2537 kali

Tips Merawat Batu Alam untuk Dinding dan Lantai – Banyak yang ingin menggunakan batu alam untuk bagian eksterior untuk dinding maupun untuk lantai rumahnya, beberapa orang banyak yang bilang kalau memasang batu alam dirumahnya akan terlihat alami saat dipandang dan memberikan kesan yang sejuk, ada pula yang memasang batu alam hanya untuk menaikan nilai jual rumahnya karena di pasang batu alam.

Penggunaan meterial bahan bangunan batu alam juga memerlukan perawatan untuk menjaga kesan alaminya dan warna batunya agar supaya tetap terlihat alami pada saat dipandang dan juga tidak cepat berlumut.

Tips Merawat Batu Alam

Tips Merawat Batu Alam

Langkah-langkah perawatannya juga tidak terlalu sulit dan alat atau bahan untuk perawatnnya juga mudah di dapat di toko-toko bangunan terdekat dari rumah anda. Perawatnya juga cukup satu tahun sekali atau 10 bulan sekali juga ngga apa-apa karena batu alam pada proses pemsangan pertama kali sudah dilakukan pelapisan dengan menggunakan cat coating. Kami akan memberikan tips-tips simple merawat batu alam dengan cepat dan mudah.

Cara merawat batu alam untuk dinding dan lantai

1. Melakukan coating awal batu alam.

Coating batu alam ini dilakukan pada saat finishing pemasangan batu alam, coatingnya juga harus sesuai dengan karakter tekstur batu alamnya. Coating glossy misalnya di gunakan untuk batu alam andesit, batu palimanan, batu palem bobos, batu templek, dan lain-lain, untuk coating natural digunakan untuk batu alam paras jogja atau batu alam yang memiliki warna cerah, dan lain lagi untuk batu alam candi hitam yang menggunakan coating khusus batu berwarna hitam.

2. Harus sering di semprot dengan semprotan air yang keras. 

Kotoran di dinding atau lantai yang dipasang batu alam biasanya hanya melekat di pemukaannya saja, untuk membersihkannya cukup dengan di semprotkan dengan air yang keras sehingga kotoran-kotoran yang melekat pada batu dapat mudah terbawa air. Usahakan perawatan ini harus sering-sering dilakukan untuk mejaga kebersihan batu alamnya agar tidak berkerak atau berlumut.

3. Gunakan kuas atau sikat kawat

Jika ada kotoran yang susah dibersihkan dengan cara di semprot air harus menggunakan kuas dan sikat kawat untuk pengaplikasiannya menggunakan bahan material batu alam andesit karena teksturenya yang keras sehingga tidak merusak tekstur batunya. Untuk batu alam yang teksturnya lunak sepeti batu alam palimanan atau batu alam paras jogja sebaiknya menggunakan kuas atau ampelas dikit bagian yang susah dibersihkannya.

4. Bersihkan dengan cairan pembersih lantai

Ketinggalan nih untuk pembersihan kotoran batu alam juga bisa menggunakan cairan pembersih lantai yang biasa digunakan sehari-hari untuk membersihkan rumah anda.

5. Periksa coating batu alam

Setelah dibersihkan dengan cara-cara diatas diamkan dulu sampai mengering dan lihat apakah coating batunya masih bagus atau sudah ada yang pudar. Untuk mengetahuinya perhatikan perbedaannya kalau coatingnya masih bagus terlihat warna batunya lebih cerah dan kalau sudah pudar akan terlihat lebih kusam. Jika sudah pudar segera lakukan coating ulang untuk melindungi kembali dari lumut.

Selain cara-cara merawat batu alam diatas juga tetap harus menjaga kebersihan rumah, misalnya untuk lantai batu alam tarulah keset dipintu depan agar kotoran debu dan yang tersaungkut di sepatu bisa dibersihkan dulu di keset yang telah disediakan.

Merawat batu alam sendiri juga bisa karena tidak terlalu susah akan tetapi harus melakukannya dengan rutin seperti melakukan coating ulang satu tahun sekali. Dengan perawatan batu alam untuk eksterior lantai dan dinding batu alam anda akan tetap terlihat alami dan berkesan sejuk setiap melihatnya.

 

Komentar dinonaktifkan: Tips Merawat Batu Alam

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Tips Merawat Batu Alam

Batu alam candi Cirebon

Batu Alam Candi Cirebon

T 18 April 2018 F A yogibatualam

Batu alam candi Cirebon merupakan salah satu jenis batu alam yang diproduksi di pabrik Cirebon Batu Alam. Batu candi ini adalah jenis batuan lavastone atau terbentuk dari lava yang membeku akibat perubahan suhu. Tingkat kekerasan dan teksturnya keras akan tetapi... Selengkapnya

Batu Alam Wall Cladding atau Mozaik

Batu Alam Wall Cladding

T 26 April 2018 F A yogibatualam

Batu Alam Wall Cladding – Batu alam dengan finishing ini juga di sebut dengan batu mozaik (menurut kamus besar Bahasa Indonesia, mozaik adalah seni dekorasi bidang dengan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat (Depdiknas 2001,756)). Batu... Selengkapnya

Batu Putih Cirebon

Batu Alam untuk Mempercantik Rumah

T 4 April 2018 F A yogibatualam

Batu alam merupakan batuan yang berasal dari alam yang biasa dipakai sebagai bagian dari konstruksi sebuah bangunan. Batu alam sendiri bisa digunakan untuk fondasi rumah, bagian dari interior dan eksterior, serta lantai. Namun yang kini sering dijumpai adalah jenis batu... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.